Beberapa Kuliner Unik Yang Hanya Ada Di Indonesia

Bersyukurlah kita lahir di indonesia, di mana ialah salah satu negara yang memiliki begitu banyak kekayaan seni, budbahasa , seni budaya, dan juga resep masakan unik yang lezat warisan nenek moyang tentunya.

Berbicara tentang masakan unik berikut ini kami akan merangkum kan beberapa kuliner unik yang Cuma ada di rumah makan di indonesia. Apa saja? Berikut ulasannya:


Daftar Tulisan



1. Semur jengkol



semur jengkol

Orang indonesia mana yang tidak mengenal masakan yang satu ini? Yang setiap kali di konsumsi nafas akan berubah menjadi seperti nafas naga?

Apa lagi jika bukan semur jengkol.

Makanan ini ialah masakan unik yang Cuma ada di indonesia. Jengkol sendiri yaitu tanaman yang mempunyai jenis buah berupa bundar pipih (gepeng) yang berkulit kecoklatan. Awalnya flora jengkol  banyak ditemukan tumbuh secara liar di indonesia. Tapi kini flora ini sudah mulai di budidaya secara intensif alasannya harganya yang tidak mengecewakan mahal.

Meskipun menawarkan imbas pada nafas menjadi kurang sedap tetapi jengkol tetap menjadi salah satu menu primadona di beberapa rumah makan, alasannya adalah masakan yang satu ini ternyata sangat di senangi oleh banyak masyarakat di indonesia. Menurut saya ini wajar sebab memang rasanya yang sangat lezat khususnya kalau di olah menjadi semur jengkol. Terbukti dari rumah makan yang menjajakan hidangan jengkol ini lazimnya banyak di datangi pembeli.

Ya meskipun saya sendiri bantu-membantu bukan penggemar jengkol, tetapi mesti saya akui memang rasa dan aroma nya saat di semur sangat menggugah selera.



2. Gudeg (sayur nangka)



gudeg

Kalau kita pernah main di jogja niscaya kalian akan menemui masakan yang sudah sangat populer ini, apa lagi jika bukan gudek?

Gudek sendiri ialah masakan berupa sayur yang terbuat dari nangka muda yang di santan dengan santan kelapa dan dimasak berkali kali sampai kering. Gudeng mempunyai ciri khas tersendiri yakni rasanya yang anggun.

Gudeg telah menjadi salah satu masakan khas kota jogja yang sudah sungguh dikenal dimana mana, jadi jangan heran kalau bicara gudek ya orang eksklusif ingat kota jogja.

Makara kalau main ke jogja ya kuliner yang pertama dicari orang ya gudeg.



3. Sayur Ontong (jantung pisang)



sayur ontong pisang

Apakah anda pernah mengkonsumsi kuliner berupa sayur yang di olah dari jantung pisang?

Mungkin sebagian dari anda yang membaca belum banyak yang tau jikalau jantung pisang itu mampu di olah menjadi sebuah kuliner yang sangat nikmat. Saya sendiri sudah pernah beberapa kali mencobanya. Saya sendiri pun mulanya tidak menyangka bila jantung pisang ternyata mampu di manfaatkan dan olah menjadi materi sayuran. Dan salah satu menu makanan yang saya coba saat itu adalah santan pedas jantung pisang.



4. Oseng oseng belalang



belalang goreng

Makanan unik yang tidak kalah berkesan bagi aku selanjutnya yaitu Oseng oseng belalang (Walang goreng) sambal pedas. Makanan ini dibentuk dengan menggorang belalang berukuran sebesar telunjuk jari orang akil balig cukup akal yang telah di bersihkan sebelumnya, kemudian lalu di sambal pedas dan di oseng (digoreng) dengan sedikit minyak dengan api sedang.

Untuk rasanya berdasarkan saya sungguh lezat, kriuk dan khas sekali. Dan Jika di banding bandingkan berdasarkan aku belalang oseng ini rasanya seperti sekali dengan olahan kuliner udang.



5. Botok tawon / bothok tawon (lebah madu)



makanan botok tawon

Pernah kah anda terbayang untuk mengkonsumsi tawon (lebah madu) mungkin gres mempertimbangkan nya saja sudah terbayang pengecap bakalan abses karena disengat.

Tetapi tidak alasannya adalah di berbagai kawasan Jawa utamanya Jawa Tengah dan Jawa Timur lebah muda atau larva yang masih di dalam sarangnya (tolo) mampu di jadikan menu masakan yang nikmat dan menyehatkan bernama botok.

Cara mengolah makanan Botok Tawon ini umumnya dilengkapi dengan daging kelapa yang masih muda yang di parut. Tapi di beberapa kawasan seperti Jawa Timur, Kediri, Malang, dan Banyuwangi tidak memakai kelapa muda.

Meski pun terkesan mengerikan nyatanya mengkonsumsi botok tawon ini ternyata mempunyai faedah yang bagus bagi tubuh dan juga menyehatkan.



6. Sate bekicot



sate bekicot

Bekicot yaitu hewan sejenis siput yang tinggal di kebun biasanya berdiam diri di bawah pohon pohon pisang. Sate bekicot memiliki rasa yang seperti dengan kerang hijau dan juga keong sawah yang mungkin sebagian dari anda yang membaca pernah mengkonsumsi nya. Yang terperinci masakan ini tergolong masakan unik dan Cuma mampu di temui di indonesia.


nah mungkin itu ia tadi berbagai macam masakan unik yang cuma bisa di temukan di indonesia,



jadi bagaimana, masakan mana saja yang pernah anda cicipi?


supaya tulisannya bermanfaat dan hingga jumpa lagi.


Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Kunyit Asam Untuk Menurunkan Berat Badan

Aplikasi Investasi Di Indonesia - Memaksimalkan Keuntungan Investasi Anda

Manajer Investasi Terbaik Di Indonesia